Cara Ampuh Basmi Lalat Pada Kandang Ayam Aduan

Dalam keseharian merawat ayam aduan, pastinya kita akan berhadapan dengan berbagai kendala. Salah satunya adalah munculnya berbagai penyakit yang dipicu oleh lalat. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa lalat merupakan serangga yang membawa penyakit baik manusia maupun bagi hewan.

Lalat mempunyai pertumbuhan yang cepat, hanya dalam beberapa hari saja lalat dapat berkembang biak dan menghasilkan 500 lebih butir telur. Biasanya lalat akan terdapat pada lingkungan yang tidak bersih dan juga musim sebagai pengaruh lainnya.

Dalam hal ini para penggemar dan penghobi ayam aduan wajib mengetahui bagaimana caranya mengendalikan lalat pada kandang. Dengan begitu kita akan lebih mudah dalam menjaga kesehatan ayam aduan kesayangan kita.

Penyebab Pertumbuhan Lalat Pada Kandang Ayam Aduan


  1. Kondisi kandang yang tidak bersih
  2. Kandang lembab dan kurangnya sinar matahari serta kurangnya sirkulasi udara dalam kandang.
  3. Kotoran ayam yang tidak di bersihkan atau terlalu menumpuk.
  4. Pakan yang basah.
  5. Dan lain sebagainya.

Cara mencegah Pertumbuhan Lalat Pada Kandang


Melakukan pembersihan pada kandang secara rutin.

Usahakan pakan yang bersifat basah tidak tumpah dan sebaiknya membuang pakan pada kandang bila tidak habis.

Perhatikan kotoran pada kandang ayam agar tidak menumpuk dan menjadikan lalat berkumpul dikotoran tersebut. Berikan Zeolit pada kotoran supaya lebih cepat kering.

Tempatkan kandang pada lokasi yang bagus sirkulasi udaranya dan terdapat cahaya matahari agar kandang tidak lembab.

Semprotkan pestisida pembasmi lalat secara rutin.

Untuk anda yang sedang dilanda kesulitan dikarenakan serangan lalat yang mendadak banyak dalam kandang. Maka anda bisa memberikan indakan tegas seperti berikut ini :

Penyemprotan desinfektan

Menggunakan Desinfektan sangatlah ampuh untuk membasmi lalat. Dengan begitu, lalat akan musnah sehingga kandang ayam aduan akan terhindar dari serangan lalat. Sebaiknya menggunakan desinfektan saat ayam sedang keluar dari kandang, hal ini dimaksudkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada ayam aduan kesayangan anda.

Menggunakan Cara Alami Untuk Mengusir Lalat

Terdapat berbagai cara alami yang dapat dilakukan dalam mengusir lalat dari kandang ayam aduan. Dengan menggunakan daun pandan serta bunga lavender dapat mengusir lalat dengan meletakan daun pandan atau bunga lavender. Letakkan daun pandan dan bunga lavender pada bagian – bagian pojok kandang, wangi dari bunga lavender dan juga daun pandan dapat memberikan aroma yang tidak mengenakkan dan dibenci oleh para lalat. Sehingga lalat tidak akan menghingap di kandang ayam aduan lagi.

Menggunakan Lem Lalat

Bila tidak terdapat kedua macam bahan untuk membuat lalat menjauh dari kandang ayam aduan. Maka anda bisa menggunakan cara mudah dan simple, yaitu dengan menggunakan lem lalat. Tapi sebaiknya lem lalat digunakan ketika lalat sudah banyak dan sudah menggangu keberadaan ayam anda dalam kandang. Dikarenakan sifat bau yang ditaruh dalam lem lalat bisa membuat atau menggundang lalat lainnya untuk menghinggap dalam kandang.

Menggunakan CD ( compact disk )

Anda bisa menggunakan cara ini untuk menjauhkan lalat dari kandang. Dikarenakan lalat sangat sensitif sekali dengan cahaya. Maka dengan adanya cd yang diikat diatas kandang akan membiaskan pandangan lalat dan akhirnya akan kabur dengan sendirinya.

Itulah beberapa ulasan yang bertujuan untuk membantu anda dalam membersihkan lalat pada kandang ayam aduan kesayangan anda. Demikian juga artikel kami yang berjudul “
Cara Ampuh Basmi Lalat Pada Kandang Ayam Aduan “ terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga membantu anda..

Comments

Popular posts from this blog

Pandangan In Running Bet Atau Bola Jalan Dalam Judi Bola

Langkah Agar Stamina Ayam Aduan Lebih Tahan Lama

Beberapa Faedah Jagung Untuk Ayam Aduan